Minggu, 07 Maret 2010


Berikut Informasi Upah Minimum Regional (UMR) atau Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang telah dikeluarkan masing-masing Regional atau Kabupaten yang bersangkutan.

Propinsi Kabupaten Sektor 2011 2010 2009
Bali Non Kabupaten Non Sektor 0 829316 760000
Bali Kabupaten Badung Non Sektor 0 1110000 950000
Bali Kabupaten Bangli Non Sektor 0 829500 760500
Bali Kabupaten Buleleng Non Sektor 0 830000 765000
Bali Kabupaten Gianyar Non Sektor 0 925000 842500
Bali Kabupaten Jembrana Non Sektor 0 875000 812500
Bali Kabupaten Karangasem Non Sektor 0 875000 815606
Bali Kabupaten Klungkung Non Sektor 0 835800 767000
Bali Kabupaten Tabanan Non Sektor 0 854500 777000
Bali Kota Denpasar Non Sektor 0 1100000 952000
Bangka Belitung Non Kabupaten Non Sektor 0 910000 850000
Banten Non Kabupaten Non Sektor 0 955300 917500
Banten Kabupaten Lebak Non Sektor 0 959500 918000
Banten Kabupaten Pandeglang Non Sektor 0 964500 918950
Banten Kabupaten Tangerang Non Sektor 0 1117245 1044500
Banten Kota Cilegon Non Sektor 0 0 1099000
Banten Kota Tangerang Non Sektor 0 0 1064500
Banten Kota Serang Non Sektor 0 1050000 1030000
Bengkulu Non Kabupaten Non Sektor 0 0 727950
DI Yogyakarta Non Kabupaten Non Sektor 0 745694 700000
DKI Jakarta Non Kabupaten Non Sektor 0 1118009 1069865
Gorontalo Non Kabupaten Non Sektor 0 710000 675000
Jambi Non Kabupaten Non Sektor 0 900000 800000
Jawa Barat Non Kabupaten Non Sektor 0 0 628191
Jawa Barat Kabupaten Cirebon Non Sektor 0 825000 746000
Jawa Barat Kabupaten Garut Non Sektor 0 735000 660000
Jawa Barat Kabupaten Indramayu Non Sektor 0 854145 769500
Jawa Barat Kabupaten Karawang Non Sektor 0 1111000 1058181
Jawa Barat Kabupaten Karawang Tekstil / Garmen 0 1117500 0
Jawa Barat Kabupaten Karawang Lain – Lain 0 1136778 0
Jawa Barat Kabupaten Kuningan Non Sektor 0 700000 634500
Jawa Barat Kabupaten Majalengka Non Sektor 0 720000 0
Jawa Barat Kabupaten Majalengka Tekstil / Garmen 0 790000 0
Jawa Barat Kabupaten Majalengka Lain – Lain 0 860000 0
Jawa Barat Kabupaten Majalengka Perdagangan / Jasa 0 835000 0
Jawa Barat Kabupaten Purwakarta Non Sektor 0 890000 0
Jawa Barat Kabupaten Purwakarta Tekstil / Garmen 0 1015000 839300
Jawa Barat Kabupaten Purwakarta Lain – Lain 0 1015000 0
Jawa Barat Kabupaten Subang Non Sektor 0 746400 670000
Jawa Barat Kabupaten Subang Manufaktur 0 941400 0
Jawa Barat Kabupaten Sukabumi Non Sektor 0 671500 630000
Jawa Barat Kabupaten Sukabumi Tekstil / Garmen 0 0 632500
Jawa Barat Kabupaten Sumedang Non Sektor 0 1058978 995000
Jawa Barat Kabupaten Tasikmalaya Non Sektor 0 775000 700000
Jawa Barat Kota Bandung Non Sektor 0 1118000 1044691
Jawa Barat Kota Banjar Non Sektor 0 689800 633500
Jawa Barat Kota Bekasi Non Sektor 0 1155000 1089000
Jawa Barat Kota Bekasi Tekstil / Garmen 0 1257000 0
Jawa Barat Kota Bekasi Otomotif 0 1300000 0
Jawa Barat Kota Bogor Non Sektor 0 971200 893412
Jawa Barat Kota Cimahi Non Sektor 0 1107304 1019000
Jawa Barat Kota Cirebon Non Sektor 0 840000 765000
Jawa Barat Kota Depok Non Sektor 0 1157000 1078000
Jawa Barat Kota Sukabumi Non Sektor 0 850000 770000
Jawa Barat Kota Tasikmalaya Non Sektor 0 780000 705000
Jawa Barat Kabupaten Bandung Non Sektor 0 1060500 1000950
Jawa Barat Kabupaten Bandung Barat Non Sektor 0 1105225 1011064
Jawa Barat Kabupaten Bekasi Non Sektor 0 1168974 1084140
Jawa Barat Kabupaten Bogor Non Sektor 0 1056914 991714
Jawa Barat Kabupaten Ciamis Non Sektor 0 699815 636195
Jawa Barat Kabupaten Cianjur Non Sektor 0 743500 677600
Jawa Tengah Non Kabupaten Non Sektor 0 0 0
Jawa Tengah Kabupaten Banjarnegara Non Sektor 0 662000 0
Jawa Tengah Kabupaten Jepara Non Sektor 0 702000 0
Jawa Tengah Kabupaten Karanganyar Non Sektor 0 761000 0
Jawa Tengah Kabupaten Kebumen Non Sektor 0 700000 0
Jawa Tengah Kabupaten Kendal Non Sektor 0 780000 0
Jawa Tengah Kabupaten Klaten Non Sektor 0 735000 0
Jawa Tengah Kabupaten Kudus Non Sektor 0 775000 0
Jawa Tengah Kabupaten Magelang Non Sektor 0 752000 0
Jawa Tengah Kabupaten Pati Non Sektor 0 733000 0
Jawa Tengah Kabupaten Pekalongan Non Sektor 0 760000 0
Jawa Tengah Kabupaten Pemalang Non Sektor 0 675000 0
Jawa Tengah Kabupaten Banyumas Non Sektor 0 670000 0
Jawa Tengah Kabupaten Purbalingga Non Sektor 0 695000 0
Jawa Tengah Kabupaten Purworejo Non Sektor 0 719000 0
Jawa Tengah Kabupaten Rembang Non Sektor 0 702000 0
Jawa Tengah Kabupaten Semarang Non Sektor 0 824000 838500
Jawa Tengah Kabupaten Sragen Non Sektor 0 724000 687000
Jawa Tengah Kabupaten Sukoharjo Non Sektor 0 769500 710000
Jawa Tengah Kabupaten Tegal Non Sektor 0 687500 0
Jawa Tengah Kabupaten Temanggung Non Sektor 0 709500 0
Jawa Tengah Kabupaten Wonogiri Non Sektor 0 695000 650000
Jawa Tengah Kabupaten Wonosobo Non Sektor 0 715000 0
Jawa Tengah Kabupaten Batang Non Sektor 0 745000 0
Jawa Tengah Kota Magelang Non Sektor 0 745000 0
Jawa Tengah Kota Surakarta Non Sektor 0 785000 0
Jawa Tengah Kota Salatiga Non Sektor 0 803185 0
Jawa Tengah Kota Semarang Non Sektor 0 939756 838500
Jawa Tengah Kota Pekalongan Non Sektor 0 760000 0
Jawa Tengah Kota Tegal Non Sektor 0 700000 0
Jawa Tengah Kabupaten Blora Non Sektor 0 742000 0
Jawa Tengah Kabupaten Boyolali Non Sektor 0 748000 718500
Jawa Tengah Kabupaten Brebes Non Sektor 0 681000 575000
Jawa Tengah Kabupaten Cilacap Non Sektor 0 760000 0
Jawa Tengah Kabupaten Demak Non Sektor 0 813400 0
Jawa Tengah Kabupaten Grobogan Non Sektor 0 687500 0
Jawa Timur Kabupaten Bangkalan Non Sektor 0 775000 715000
Jawa Timur Kabupaten Banyuwangi Non Sektor 0 824000 744000
Jawa Timur Kabupaten Blitar Non Sektor 0 830000 570000
Jawa Timur Kabupaten Bojonegoro Non Sektor 0 825000 740000
Jawa Timur Kabupaten Gresik Non Sektor 0 1010400 971624
Jawa Timur Kabupaten Gresik Perdagangan / Jasa 0 0 0
Jawa Timur Kabupaten Jember Non Sektor 0 830000 770000
Jawa Timur Kabupaten Jombang Non Sektor 0 790000 752500
Jawa Timur Kabupaten Kediri Non Sektor 0 871000 825000
Jawa Timur Kabupaten Lamongan Non Sektor 0 875000 760000
Jawa Timur Kabupaten Lumajang Non Sektor 0 688000 655000
Jawa Timur Kabupaten Madiun Non Sektor 0 685000 620000
Jawa Timur Kabupaten Magetan Non Sektor 0 650000 645000
Jawa Timur Kabupaten Malang Non Sektor 0 1000005 954500
Jawa Timur Kabupaten Mojokerto Non Sektor 0 1009150 971624
Jawa Timur Kabupaten Mojokerto Lain – Lain 0 0 971624
Jawa Timur Kabupaten Nganjuk Non Sektor 0 650000 625000
Jawa Timur Kabupaten Ngawi Non Sektor 0 665000 635000
Jawa Timur Kabupaten Pacitan Non Sektor 0 630000 0
Jawa Timur Kabupaten Pamekasan Non Sektor 0 900000 750000
Jawa Timur Kabupaten Pasuruan Non Sektor 0 1005000 955000
Jawa Timur Kabupaten Probolinggo Non Sektor 0 744000 682500
Jawa Timur Kabupaten Sampang Non Sektor 0 690000 645000
Jawa Timur Kabupaten Sidoarjo Non Sektor 0 1005000 955000
Jawa Timur Kabupaten Sumenep Non Sektor 0 730000 690000
Jawa Timur Kabupaten Tuban Non Sektor 0 870000 798000
Jawa Timur Kota Batu Non Sektor 0 989000 879000
Jawa Timur Kota Blitar Non Sektor 0 663000 0
Jawa Timur Kota Kediri Non Sektor 0 906000 856000
Jawa Timur Kota Madiun Non Sektor 0 685000 645000
Jawa Timur Kota Malang Non Sektor 0 1006263 945373
Jawa Timur Kota Mojokerto Non Sektor 0 805000 760000
Jawa Timur Kota Pasuruan Non Sektor 0 865000 805000
Jawa Timur Kota Probolinggo Non Sektor 0 741000 682500
Jawa Timur Kota Surabaya Non Sektor 0 1031500 948500
Kalimantan Barat Non Kabupaten Non Sektor 0 1024500 705000
Kalimantan Selatan Non Kabupaten Non Sektor 0 1024500 930000
Kalimantan Tengah Non Kabupaten Non Sektor 0 986590 873089
Kalimantan Tengah Non Kabupaten Pertambangan 0 1085250 960398
Kalimantan Timur Non Kabupaten Non Sektor 0 1002000 955000
Kepulauan Riau Non Kabupaten Non Sektor 0 925000 892000
Kepulauan Riau Kota Batam Non Sektor 0 1110000 0
Lampung Non Kabupaten Non Sektor 0 767500 691000
Lampung Kabupaten Tulang Bawang Non Sektor 0 776500 0
Maluku Non Kabupaten Non Sektor 0 840000 805000
Maluku Non Kabupaten Pertambangan 0 1225000 0
Maluku Non Kabupaten Makanan / Minuman 0 915000 0
Maluku Non Kabupaten Perminyakan 0 1310000 0
Maluku Non Kabupaten Perdagangan / Jasa 0 890000 0
Maluku Utara Non Kabupaten Non Sektor 0 0 0
Nangroe Aceh Darussalam Non Kabupaten Non Sektor 0 1300000 0
Nangroe Aceh Darussalam Kota Banda Aceh Otomotif 0 0 0
Nusa Tenggara Barat Non Kabupaten Non Sektor 0 730000 0
Nusa Tenggara Timur Non Kabupaten Non Sektor 0 800000 725000
Papua Non Kabupaten Non Sektor 0 1210000 1180000
Papua Non Kabupaten Pertambangan 0 1328000 0
Papua Non Kabupaten Perminyakan 0 1328000 1298000
Papua Non Kabupaten Properti / Real Estat 0 1328000 0
Riau Non Kabupaten Non Sektor 0 1016000 901600
Sulawesi Barat Non Kabupaten Non Sektor 0 0 0
Sulawesi Selatan Non Kabupaten Non Sektor 0 1000000 905000
Sulawesi Tengah Non Kabupaten Non Sektor 0 777500 720000
Sulawesi Tengah Kota Palu Non Sektor 0 785.000 0
Sulawesi Tenggara Non Kabupaten Non Sektor 0 0 770000
Sulawesi Tenggara Non Kabupaten Pertambangan 0 900000 850000
Sulawesi Utara Non Kabupaten Non Sektor 0 0 905500
Sumatera Barat Non Kabupaten Non Sektor 0 0 880000
Sumatera Selatan Non Kabupaten Non Sektor 0 927825 824730
Sumatera Selatan Non Kabupaten Pertambangan 0 974216 0
Sumatera Selatan Non Kabupaten Perdagangan / Jasa 0 974216 0
Sumatera Utara Non Kabupaten Non Sektor 0 965000 0

Untuk informasi lengkap dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) bisa di download File PDF-nya di UMR-2009.

Sumber: hrcentro.com dan apindo.or.id


Baca Juga:


103 Responses to “Informasi Upah Minimum Regional (UMR) Tahun 2009, 2010”

  1. UMR itu berlaku untuk semua usaha, atau ada pengelompokkan, mana yang patut membayar gaji karyawan sesuai UMR dan mana yang bisa mendapat keringanan..

    Lalu kalau kita merasa dirugikan oleh perusahaan masalah sekitar UMR ini, harus mengadu kepada siapa ya..

    Maav banyak tanya, kan lagi belajar he he he..

  2. 2 deww

    thanks. :)

  3. Wah bener ga tuh infonya…
    Sayang perusahaanku baru bisa menaikkan gaji mualai bulan ApriL…
    Kebijaksanaan untuk mengurangi PHK katanya.

    Salam kenal Yach…

  4. 4 ang2ara

    nice info, makasih yaah . saya juga bingung klo nyari kerja, mau dimana.

  5. 5 r1no

    sayang di perusaanku gajinya sangat minim sekali, prusahaan besar tp gaji minim, payaaaaah

    salam kenal ya

  6. 6 hendra

    UMR di hitung dari gaji pokok atau total gaji keseluruhan? thank ya…

  7. 7 ari

    umr itu gaji total atau yang gaji pokok?

  8. 8 fsfsfs

    info cukup berguna,, THX sekali

  9. Untuk mengetahui SK-nya klik saja jumlah nominal dari nilai UMR tersebut, dan akan di bawa ke link yang menginformasikan SK.

  10. 10 abdee

    masih banyak perusahaan di Bandung yang omsetnya milyaran rupiah,tapi upah yang di berikan kepada pegawai/karyawannya tidak sesuai,

  11. 11 oka

    kenyataannya ga sesuai, gimana doooooong…?

  12. 12 rustanta

    kalo dealer alat berat yang operasinya di daerah tambang , masuk dalam sektor jasa atau tambang ya,,,,,?

  13. duhhh enak yah yang kerja gajinya sesuai denagn UMR pemerntah, kalian harus bersyukur dong….
    masih banyak saudara2 kita yang kerjanya sudah habis2an tapi dibayar dengan minim, huhuhuu pasti sedih kan?? kalo kalian jadi mereka, ada yang punya ide ga supaya kita para pekerja di Indonesia mendapatkan hak sesuai dengan peraturan pemerintah yah minimal sesuai dengan standart UMR., yuk coba kita renungkan sejenak, bagaimana nasib para pekerja kita kalo gajinya masih sangat minim???? bagaimana nasib keluarganya? bagaimana masa depan mereka?? hayoooo

  14. ayu dong pemerintah perhatikan kami…. saya sangat prihatin dengan keadaan para buruh di indonesia, karna saya sudah berpengalaman di divisi personalai / HRD sudah 3 prusahaan, dan ternyata????? aduuuuuhhhh kasian banget karyawan2 kita

  15. Sangat Bermanfaat. Sukses!

  16. 16 dewi

    UMR itu berlaku untuk semua usaha, atau ada pengelompokkan, mana yang patut membayar gaji karyawan sesuai UMR dan mana yang bisa mendapat keringanan..

    Lalu kalau kita merasa dirugikan oleh perusahaan masalah sekitar UMR ini, harus mengadu kepada siapa ya..
    soalnya aku dsini bingung bgt.. aku kerja tp gaji nya menurut aku ga seimbang dengan kerja dan jam kerja yg aku lakukan.

    Maav banyak tanya, kan lagi belajar he he he..

  17. 17 devi

    uhhh umr naik2 lelet banged , semoga d tahun2 yg aan datang kenaikan bisa jauh lebih tinggi .amin ya rabbb

  18. 18 Junaidi

    Dear rekan-rekan seperjuangan,

    Ada yang bisa kasih informasi mengenai besarnya UMR untuk daerah Desa Leran, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang – Semarang, Jawa Tengah. Dengan pendidikan terakhir Lulusan SMA (baru lulus – belum pernah bekerja).

    terima kasih atas infonya.

    Junaidi

  19. 19 pika

    koq untuk kalimantan timur ga ada rekapitulasinya. tolong di info kan??

  20. 20 chelia

    info aja ni… kalo ga salah umk untuk kota batam th. 2009 Rp.1.045.000,-
    kalo kepri lainnya berapa ya??? seperti tanjung pinang…..
    ada yg tau ga??? mohon infonya donk…..tq

  21. masalah UMR kenapa tidak bisa diterapkan pada semua jenis uasaha padahal setiap buruh juga membutuhkan keadilan dalam hal kesejahteraan,,,,,,,,,,.selanjutnya kita lihat dilapangan kebanyakan para pengusaha tidak pernah menerapkan UMR bagi para pekerjanya ………..dan tim pengawas terhadap pelksaan UMR tidak pernah ada,,,.hal ini membuat tidak adanya evaluasi yang serius dari pemerintah…..

  22. 22 jo

    umr kaltim kok ga update? mohon info yang baru donk…? kr dengar isu-isu sudah ada kepgub umr kaltim 2009

    terima kasih
    jo
    ..

  23. 23 wiwik

    saya ingin bertanya UMR itu gaji pokok atau gaji total yang telah di tambah uang makan + uang transport
    mohon penjelasannya !!!

  24. 24 sukhoi 150

    aku seorang pengusaha yang tidak suka sistem gaji. karena sulit untuk mengukur kinerja karyawan. dikasi gaji malah sempet2nya main facebook. mengesalkan.

    so aku pake sistem What You Do is What You Pay… kecuali makan 3x sehari udah pasti terjamin.

  25. 25 Yo

    Kalau karyawan pada main facebook saat kerja, di blok saja pak situs facebook-nya

    Tidak perlu untuk tidak suka dengan sistem gaji.

  26. UMR di hitung dari gaji pokok atau total gaji keseluruhan? thank ya…

  27. 27 Yo

    Setahu saya UMR itu gaji pokok saja.

    Tapi tentu saja ada beberapa perusahaan yang mengupah karyawannya ya hanya sebesar UMR, karena memang tidak ada tunjangan.

  28. 28 Herson

    Dengan upah seperti ini bagaimana mengatasi kemiskinan.
    Sekalipun tidak ada pengangguran. dengan upah seperti ini tetap kemiskinan akan menjadi wajah indonesia.
    Dampak upah kecil : 1. Uang yg beredar di masyarakat sedikit sehingga daya beli kurang. 2. banyak orang berusaha menjadi pedagang dan pengusaha, tapi banyak yg bangkrut karena ga ada yg beli.
    3. pola hidup yg serba minimum atau minus. 4. Perbedaan si kaya dan si miskin semakin besar. 4. banyak orang menjadikan profesi dagang sebagai tujuan hidup di hari tua.
    Sampai kapan pemerintah mau ngerti keadaan ini ???????
    Upah saat ini harusnya 4 X UMR sekarang. Dunia semakin maju tp Indonesia semakin terpuruk

  29. 29 Debbie

    makasi atas infonya..
    tp bener gak neh…coz gw mo bandingin sm upah yg dbyr ditempat gw kerja…

  30. 30 dora

    kalau di lihat UMPnya kecil ya, mana cukup buat menuhi kebutuhan sehari2 sekarang ne…:-(

  31. 31 Dony..

    Sy sdh krj 2 thn d sbuah toko lmyn bsar n pny cbg d bbgai t4..Yg sy tn

  32. 32 hatta

    Jika harga kebutuhan pokok(sandang, pangan, papan) terkendali dengan harga terjangkau, dan sikap bangsa Indonesia yang bersyukur tidak menyukai kemewahan, menyukai kesederhanaan serta adanya pelarangan pasar bebas yang terlalu mengkomersilkan kebutuhan pokok diiringi bangsa yang suka bersedekah, Insya Allah, bangsa ini jarang yang berkeluh kesah.

  33. 33 hatta

    Jika harga kebutuhan pokok(sandang, pangan, papan) terkendali dengan harga terjangkau, dan sikap bangsa Indonesia yang bersyukur tidak menyukai kemewahan, bahkan menyukai kesederhanaan serta adanya pelarangan pasar bebas yang terlalu mengkomersilkan kebutuhan pokok, diiringi bangsa yang suka bersedekah, Insya Allah, bangsa ini jarang yang berkeluh kesah.

  34. 34 hatta

    Jadi pengusaha adalah pilihan hidup, bisa jaya didunia, dan diakhirat orang yang pertama kali masuk syurga diantara para mujahiddin(mungkin dari TNI, Polri, ataupun para pejuang lainnya yang berjuang banyak ikhlasnya), ‘Ulama yang pro dengan kebenaran, jika pengusaha itu tidak memakai standar H3(Halal, Haram, Hantam), dan pengertian terhadap pekerjanya atau singkatnya dermawan terhadap semua mahluk yang membutuhkan, ya…sesuai kemampun tentunya.

  35. 35 hatta

    Jadi Pengusaha sangat besar hukumanya, baik didunia maupun diakhirat, mereka bakal dikumpulkan dineraka beserta Qorun yang terkenal kaya pada zaman fira’un, dan akhirnya dipendamkan hidup-hidup, atas perantara do’a Nabi Musa ‘Alaissalam, dikarenakan kesombongan, keserakahan dan memfitnah Nabi Musa berzina, jikalau pengusaha itu sombong(merendahkan orang lain, tidak mengikuti kebenaran) serakah, pelit tidak dermawan, hak orang dirampas dengan sewenang-wenang, hidup bermewah-mewah, ‘alergi’ dengan orang miskin, dikarenakan setiap harta yang didapat pasti tidak luput dari pengauditan malaikat.

  36. 36 hatta

    Jadi Pejabat itu besar sekali keuntunganya dapat sebagian manisnya dunia dan diakhirat dekat dengan Nabi Muhammad SAW disurga. Jika Pejabat itu tidak sombong dan serakah, kesewenag-wenagan ditinggalkan, rakyat dari yang paling susah diperhatikan dengan kasih sayang, ditolong diajak bersama memerangi kebodohan dan kemiskinan.

  37. 37 Dinar

    Bisa bantu untuk informasi umsk sektor migas di kaltim,sampai saat ini sk gubernur belum bisa saya dapatkan.

  38. 38 yudha bali

    masih banyak saudara2 kita yg bekerja seperti budak, pekerjaan dn gaji tidak sesuai dan jauh dari harapan. pemerintah slalu berpihak dgn yg di atas,sedangkan para pekerja di abaikan hak2nya..sudah seharusnya bali pulau yg kecil ini bangkit dari keterpurukan.bali punya segalanya dan punya banyak kelebihan2, tapi sayang elit2 di bali masih silau akan kepentingan pribadi dan kelompoknya. saya yakin jika bali di kelola dengan baik dan orang2 yg tulus dalam pengabdian untk bali,,saya yakin tidak ada rakyat bali yg kekurangan pekerjaan,malahan bisa kelebihan lahan pekerjaan.asalkan pemerintah serius dalam hal ini. saya selaku orng bali malu dan geli melihat pemimpin2 bali yg memimpin bali saat ini. oh tuhan beri kami pemimpin yg tulus untuk memimpin pulau kami ini. pulau surga,pulau yg kami sayang dan cinta.kami tidak rela pulau kami di pimpin oleh orang2 yg serakah. by.. i love bali Q.

  39. 39 farika

    UMR tuh udah sama uang makan, incentive and transport belum sih? koq tempat kerja gw ga didatengin Depnaker ya?padahal gajinya ga standard UMR, kenapa ga ada yang meriksa? emang syarat nya perusahaan pa ja yang harus UMR?ada yang bisa jawaB?

  40. 40 p4ndu

    Trims,,,,,
    kalo boleh tau, untuk tata cara pemberian upah kepada pekerja itu seperti apa ya? dan apakah setiap perusahaan mengetahui tatacara ini?
    thanks….

  41. 41 ayu

    Koq ga lengkap za………………. gimana ini……………. ngak ada mojo kerto

  42. 42 ran mouri

    mngpa upah di jateng khssna kabptn ungaran,tdk sm antra prshaan 1 n yg lain?
    kssusna di pt saya upah 1 org dgn yg laina brbda jauh,
    mana dtmpt sy spt neraka.skorsingna rata2 3 jam tiap hrina mohon disurvei

  43. 43 ran mouri

    ap cm negarana j..yg merdeka tp karyawan spt saya sj yg msh mrsa djajah,mgkn dl bld skrg korea..sakno ne rek2….gji n ppkrjaana g sesuai..plg jg nya mlm trus tp g di htg lmbur..mggu j..msuk cm unk gnt hari ap skrg spt itu y…prsshan.maaf sblmna..

  44. 44 ran mouri

    oh y,,saya lupa mksd ot saya adlh PT ROYAL FASHION UNGARAN,dsana spt neraka gji tdk sm dgn pkrjaana..bnyk skorsingnya.mslna lmbur jam stgh 6 tp plg jam 9 mlm.{dbyr hnya smpai jam stngh 6}

  45. 45 toni

    kalau UMR kota Bandung tahun 2009 per 1 Agustus berapa ya….???

  46. 46 sofwan hilmi

    UMR kalimantan barat untuk 2009 brapa yyyy….?

  47. 47 wongdesoo

    Aku mau digaji 250 ribu rupiah perbulan, kerja per hari dari jam 6 pagi s/d jam 2 malam, asalkan hitungan rupiahnya sama dengan 1 dollar US = 10 perak Rupiah,, Okeee……..

  48. 48 muhammad ridho hakiki

    kalo umsp seluruh propinsi tahun 2009 berapa ya…..? pliss email-in ya….butuh banget nich….tengkyu yaaa….

  49. Selamat malam.

    Beneran tuh UMK bogor cuma 600 ribuan? Saya berharap bza 900 rb. Tp kalo perusahaan nya dkt jalan umum pusat kota dng dipedalaman beda ga UMR/UMK nya?
    Terima kasih.

    http://www.crhtyuk.blogspot.com

  50. 50 ompong van java

    wahai yang disana jangan ngomong doang datang ke pt ga ngurus yg kere tp m,alah cari dwt

  51. 51 susanti

    Gubri ? UMR gaji karyawan salah satu PKS di Taluk Masih di bawah UMR 2009 nich ! Kasian kan karyawan yang kerjanya dah banting tulang + biaya pendidikan anak yang kian tinggi aja ? Lw gn yang di bawah akan terus di bawah donk……?

  52. sumbernya dari mana gan ?

  53. aku bekerja di grand mutiara hotel berastagi,gajinya di bwh umr,training jg ga jls waktunya ampe kpn,GM nya org gila suka cari alasan lucu mecat karyawan,ngadu ama siapa ya

  54. 54 Jubay

    wah….gajiku jauh banget dibawah UMR Jakarta…..

  55. 55 Dewi Audrey

    UMR itu berlaku untuk gaji pokok saja, atau gaji seluruhnya sih?.. trus berlaku untuk latar pendidikan apa?..

  56. 56 maghfiroh

    Mau menyakan kembali pertanyaan yg sama dgn Dewi….
    UMR itu apa untuk seluruh level pendidikan? or da patokan khusus untuk latar pendidikan tertentu?
    trus apa hanya berlaku untuk jam kerja 40 jam seminggu ja or kurang dari itu jg??
    tolong dijawab ya…..
    terimakasih

  57. 57 yadi mulyadi

    di tempat kami udah se tahun ga naik gaji, berapa standar UMR utk pertambangan di KAL-TIM khususnya Kutai Kartanegara

  58. 58 siwi hapsari

    UMR Jateng yg Kabupaten Semarang th.2009 brapa ?

  59. 59 spinozha

    jenis-jenis upah ada gak sih?????

  60. 60 Eng

    kok gak lengkap ya?????

  61. 61 ridho

    tolong bantu aku dong..untuk UMR daerah jatibarang/ cirebon untuk sektor migasnya berapa ya???aku perlu jawaban cepat nih plz..tq

  62. 62 Ida

    Tolong informasi mengenai UMR Jabar 2010

  63. 63 glona

    thanks infonya

  64. 64 aldi

    SEMOGA AJA YANG DPT umr JD MAKIN BETAH.. TP KOK SUKABUMI G ADA YAH..?

  65. 65 Rivai Sudirman

    bagaimana perlakuan upah untuk perusahaan dibidang perdagangan (alat berat) yang bekerja untuk perusahaan tambang? apakah umsr nya mengikuti pertambangan atau tetap perdagangan ? apa dasar hukumnya ?

    thanks,
    Rivai

  66. 66 Anna

    Berapa upah kerja minimum u wilayah Sidoarjo kalau perush tersebut bergerak di sektor pemrosesan hasil bumi seperti pngeringan, pemisahan/sortir dengan bekerja 40 jam 1 minggu, untuk yg level pendidikan rata2 SMP n SD? Mohon info. thxs

  67. 67 imam

    terimakasih, mudah2an membantu dalam saya mencari kerja.
    oya temen2,yang ingin dapat penghasilan dr internet bisa buka http://www.program5milyar.com/?id=imamhaqi

  68. 68 putri september

    kok ga lengkap y……… secepatnya data bisa lengkap y………karena perusahaan tempat kami kerja karyawannya tersebar di Indonesia

    Salam kenal…………..

  69. 69 ane

    - umr itu tuk gaji pokok aj apa total gaji keseluruhan boss…..!
    - trus apa berlaku untuk jenjang pendidikan tertentu
    tolong di jawab ya bos…..? thanks……

  70. @ane: Kalo baca di wikipedia bahwa Upah Minimum Regional adalah suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pegawai, karyawan atau buruh di dalam lingkungan usaha atau kerjanya.

    Jadi UMR adalah nilai gaji terendah yang harus dibayarkan ke karyawan oleh perusahaan dan tidak terpengaruh oleh jenjang pendidikan, karena kebutuhan pokok antara lulusan sekolah rendah maupun lulusan tinggi adalah sama, yang beda adalah kebutuhan skunder.

  71. 71 andr

    kalo ga’ mau jadi pegawai, trus mau jadi pengusaha/ dagang. kalo ga’ mampu gaji sesuai umr bagaimana ? kalo bangkrut bagaimana ?

  72. Terima kasih atas informasi menarik

  73. 73 ocho

    Jan kepiye to pak wahidin kok umr kota rung ono, mundake ki piro? cukup ge munggah kaji taun 2010 ra? kurang sitik e.,

  74. Terima kasih untuk informasi soal upah.
    Lebih baik lagi bila sudah terisi lengkap.

  75. 75 jkilloo

    UMR jkt harusnya 1,3an jt tuch….

  76. Piye jal. . ;
    kerjo yaono-yaene orak ono pengangkatan karyawan tetap babar blas,
    Malah UMR rak cucuk gawe tuku upo. . ;
    Ndas ku ngelu. . . . !??

  77. 77 rhiesta

    encooookk..
    kalo ijazah sarjana di jogja tu minimal gajinya berapa to?po yo sama aja ma yg ijazah SMA????po tergantung pimpinane? :(

  78. 78 egha

    gaji di perusahaan saya kok minin sekali ya, padahal sudah cukup besar dan letaknya di jakarta utara, gaji pokok dan tunjangan kalau dijumlah itu tetap masih dibawah standar umr jakarta..

  79. 79 Asti fitria

    untuk kenaikan UMR segitu, mungkin msh bs di terima ya..
    terutama klo masih ada fee lembur & tunjangan yg lain, tapi klo tidak ada
    ya… kapan bisa sejahtera tul g???????

  80. 80 Onta

    Em…kalo gigolo umr nya brapa ya?hehe…

  81. 81 slamet

    tolong donk minta SK Gubenurnya, agar bisa dipertanggung jwbkan

  82. 82 rizq

    ahhh,,,
    UMR ga pernah linear dgn kebutuhan hdp..
    ini cuma untuk menarik investor aja,dan membunuh SDM indonesia pelan2…

  83. 83 hendri rudy

    bagus ada penikatan

  84. 84 dini

    tolong jelaskan kriteria umr digolongkan atas rendah sedang tinggi nominalnya berapa ja. makasih

  85. kenapa UMR tidak debedakan Status SMP/SMA dan yang berpengalaman/non pengalaman?menurut saya itu sangat merugikan jika semua disamakan tanpa melihat status pendidikan dan pengalaman dalam bekerja…..??? Terimakasih sebelumnya

  86. @ERTIT: Lho gimana sich, UMR itu upah minimum secara global, kalau mau yang khusus berdasarkan tingkat pendidikan itu terserah perusahaan, kalau yang lulusan tinggi mau di gaji gede ya silahkan, memang mestinya begitu.

  87. 87 LISA

    Wah,,,,,ko sedikit bgt c naiknya…tapi itu usah ada SK gub_nya blm & bisa dipertanggung jawabkan tdk?

  88. 88 cumi

    lumayanlah dari pada nganggur….

  89. 89 gayo

    hidup semakin sulit…

  90. wah sangat membantu sekali. jadi punya gambaran tentang kondisi UMR masing2 daerah. juga persiapan klo ditanya ketika wawancara mengenai gaji yg diinginkan. hehehe. good job bro.

  91. bagaimana kalau bos kita ngak mau ngasi sesuai umr malah jauh dibawah umr???seperti kasus saya ini???sudah dari dulu bgt gaji sangat jauh dibawah umr??? bagaimana ini

  92. 92 sumie

    Masih belum lengkap untk masing2 daetah. Sektor2 nya perlu dicantumka.

    Dan ternyata Kalbar masih jauh dari standar. Dan yg lbh ngagetin lg, salaryku emang mesti segitu, padahal kebutuhanku lebih dari itu. Wah !!! gmn deunx ???!!

  93. 93 ALI

    KOK ANEH BANGET UMR 2010 KHUSUS KAL-SEL 1.025.000 TINGGI BANGET, TAPI KENYATAAN SEKARANG AQ MASIH KERJA DI BIDANG PERHOTELAN BINTANG TIGA DI KABUPATEN MALAH DAPAT UMR 700.000 MANA YANG BENAR.

  94. ehm , , , yang bener garut ko g sesuai sech

  95. wah klu ngandelin gaji kayanya kurang nech . . . musti buka peluang usaha baru nech

  96. 96 Ferdy Makarading

    Kalo bisa info UMR ini disampaikan kepada para pimpinan perusahaan,
    banyak karyawan yang menerima gaji dibawah standar UMR
    dengan jam kerja yang melewati batas ada yang 12 Jam kerja
    tapi gajinya hanya 450.000 (Kota Surabaya)…………….???
    Kalo uda gini kan kasihan …………

  97. 97 dherant

    iya ni aq jg lg bingung .
    ga sesuai bgt gaji sama krjaannya .

    tp bingung jg mesti ngadu ke syapa ..
    adakah yg pedulii ?
    hho .

  98. terimakasih banyak infonya boss

  99. trmaksih infonya, bisa buat pertimbangan kami untuk memberikan gaji

  100. 100 riAL

    aq dah krj 6 thn di perusahaan asing, tp ga prnh naik gaji yg = umr apalagi di atas umr. keciaaaaan……. ya aq?

  101. 101 Zangarzirah

    Knapa bnyk prusahaan stingkat PT yg mnggaji karyawannya jauh dbawah UMR tapi pemerintah tdk brtindak?. Krn pemerintah dapet uang suap yg gde dr prusahaan2 tsb. Jgn heran, Inilah Indonesia.


  1. 1 kuliinternet » top pos
  2. 2 Informasi Upah Minimum Regional (UMR) Tahun 2009 « Catatand si Balang Chual…

Leave a Reply



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar